Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Studi Perbandingan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Superitem dan Problem Solving terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 5 Kaliwiro Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Andriyana, Novita
dc.date.accessioned 2018-02-19T07:51:16Z
dc.date.available 2018-02-19T07:51:16Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3086
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik yang mendapatkan pendekatan superitem lebih baik dibanding dengan peserta didik yang mendapatkan pendekatan problem solving. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kaliwiro tahun pelajaran 2013/2014. Terpilih dua kelas sebagai sampel penelitiannya yaitu kelas VIII A dan VIII B yang diambil secara cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Metode analisis data menggunakan dua tahap yaitu analisis data tahap awal dan analisis data tahap akhir. Analisis data awal meliputi uji prasyarat analisis dan uji keseimbangan. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas variansi. Sedangkan analisis data tahap akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas variansi, dan uji hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh rata-rata eksperimen 1= 75,435 dan ekperimen 2 = 78,750. Standar deviasi s1 = 10,215 dan s2 = 10,114. Perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai thitung = -0,105 dengan sp = 10,169. Sedangkan dari derajat kebebasan 41 dan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 1,683. Sehingga thitung ≤ ttabel dan thitung DK maka H0 diterima. Oleh karena itu, hasil belajar peserta didik yang mendapatkan pendekatan superitem tidak lebih baik dibanding dengan peserta didik yang mendapatkan pendekatan problem solving. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Pendekatan, Superitem, Problem Solving. en_US
dc.title Studi Perbandingan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Superitem dan Problem Solving terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 5 Kaliwiro Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account