dc.description.abstract |
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan
hasil belajar matematika semester gasal pada siswa Sekolah Dasar di Kecamatan
Grabag tahun pelajaran 2012/2013 ditinjau dari status guru. Populasi dalam
penelitian ini adalah semua guru PNS dan guru Non PNS di Kecamatan Grabag
yang berjumlah 156 dan 64 serta seluruh siswa Sekolah Dasar dari kelas I-VI yang
berjumlah 4661 anak. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah
purposive sampling, sampel diambil pada guru PNS sebanyak 36 dengan jumlah
siswa yang diampu 180 dan guru Non PNS sebanyak 18 dengan jumlah siswa
yang diampu 90. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen Laporan
SD bulan September 2012 yang berisi data kepegawaian Sekolah Dasar di
Kecamatan Grabag, kuesioner untuk mengetahui status kepegawaian guru dan tes
hasil belajar matematika semester gasal. Teknik pengolahan data yang digunakan
adalah uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas menggunakan Chi Kuadrat ( )
dan uji homogenitas menggunakan uji F, sedangkan uji hipotesis menggunakan
uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh = 3,913 > = 1,960 maka Ha diterima.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar
matematika semester gasal siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Grabag tahun pelajaran
2012/2013 ditinjau dari status guru. Hasil belajar matematika pada siswa
yang diampu guru PNS diperoleh rerata 54,94 dan standar deviasi 18,72 sedangkan
hasil belajar matematika pada siswa yang diampu guru Non PNS diperoleh rerata
46,40 dan standar deviasi 17,30. |
en_US |