Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar
matematika yang dikenai model Snowball Throwing lebihbaik dari pada prestasi
belajar matematika yang dikenai model Teams Games Tournamen (TGT) pada
materi segitiga siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo Tahun Pelajaran
2013/2014.
Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo
tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian yaitu kelas VII G sebagai kelas
eksperimen 1 dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2. Pengambilan sampel
menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode dokumentasi dan metode tes. Penelitian ini bersifat ekperimental semu
yang melibatkan variabel terikat berupa prestasi belajar matematika dan variabel
bebas berupa model pembelajaran, yakni model Snowball Throwing dan model
Teams Games Tournamen (TGT). Analisis uji hipotesis menggunakan uji-t dengan
uji satu pihak yakni pihak kanan dengan 𝛼 = 5%.
Hasil dari analisis uji hipotesis diperoleh ttabel = 1,668 dan tobs = 3.005
DK. Sehingga tobs>ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, dapat
disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran
Snowball Throwing lebih baik dibandingkan model pembelajaran Teams Games
Tournamen (TGT) padamateri Segitiga.