dc.description.abstract |
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Langkah-langkah
pembelajaran menulis naskah drama dengan teknik 3M digunakan pada siklus I
dan siklus II. Pada tahap pratindakan belum menggunakan teknik 3M. Langkah
pembelajaran menulis naskah drama dengan teknik 3M pada siklus I dan siklus II
yang terdiri dari tiga tahap, yaitu (a) pada tahap meniru, siswa diarahkan untuk
mengganti unsur tokoh dan latar yang ada pada contoh naskah drama, (b) pada
tahap mengolah, siswa dihimbau untuk menambahkan tokoh, latar dan alur, dan
(c) pada tahap mengembangkan, siswa dibimbing mengembangkan tokoh baru,
latar baru dan alur baru, (2) Pengaruh teknik 3M terhadap motivasi siswa kelas
VIII SMP Ma’arif Kalibawang dalam menulis naskah drama dapat diketahui dari
hasil observasi, angket dan wawancara pada siklus I dan siklus II. Pada pratindakan
motivasi siswa dalam menulis naskah drama masih rendah. Pada siklus I
siswa yang tertib dalam pembelajaran78,13% dan pada siklus II 100%, siswa yang
antusias belajar pada siklus I 81,25% dan pada siklus II 93,75%, siswa bertanya
dan merespon pertanyaan pada siklus I 46,88% dan pada siklus II 62,50%, siswa
yang sungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas pada siklus I 75,00% dan pada
siklus II 93,75%, (3) Peningkatan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas
VIII SMP Ma’arif Kalibawang dapat diketahui dari nilai rata-rata pada
pratindakan, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada pratindakan sebesar 50 dan
menjadi 67 pada siklus II atau meningkat 17 poin. Nilai rata-rata pada siklus II
sebesar 77 atau meningkat 10 poin dari siklus I dan 27 poin dari pratindakan. |
en_US |