Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) motivasi belajar siswa
kelas X IPA 5 semester II SMA Takhassus Al-Qur’an melalui pembelajaran
matematika berbasis ICT dengan alat bantu pen digital, (2) hasil belajar siswa
kelas X IPA 5 semester II SMA Takhassus Al-Qur’an melalui pembelajaran
matematika berbasis ICT dengan alat bantu pen digital.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 5 semester II SMA Takhassus Al-
Qur’an sebanyak 32 siswa. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi,
angket, dokumentasi, dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi,
lembar angket motivasi belajar, dan lembar soal tes. Teknik analisis data yang
digunakan adalah kualitatif deskripif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) adanya peningkatkan motivasi
belajar siswa kelas X IPA 5 semester II SMA Takhassus Al-Qur’an melalui
pembelajaran matematika berbasis ICT dengan alat bantu pen digital. Hal ini
ditunjukkan dari hasil observasi pada siklus I sebesar 82,13% dengan kategori
baik dan siklus II sebesar 85,95% dengan kategori sangat baik dan dari hasil
angket pada siklus I sebesar 84,04% dengan kategori baik dan siklus II sebesar
86,75% dengan kategori sangat baik. (2) adanya peningkatkan hasil belajar siswa
di kelas X IPA 5 semester II SMA Takhassus Al-Qur’an melalui pembelajaran
matematika berbasis ICT dengan alat bantu pen digital. Hal ini ditunjukkan ratarata
dari siklus I sebesar 84 dan rata-rata dari siklus II sebesar 86. Dengan
demikian melalui pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis ICT dengan alat
bantu pen digital dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi
statistika kelas X IPA 5 semester II di SMA Takhassus Al-Qur’an.