Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI DENGAN TEKNIK BERCERITA BERPASANGAN PADA SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF JATILAWANG BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Damayanti, Uki
dc.date.accessioned 2018-02-19T07:57:25Z
dc.date.available 2018-02-19T07:57:25Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3091
dc.description.abstract Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A MTs Ma’arif Jatilawang Banjarnegara yang berjumlah 38 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes menulis pengalaman pribadi, sedangkan teknik nontes berupa lembar observasi dan dokumentasi foto. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik informal. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) langkah menulis pengalaman pribadi dengan teknik bercerita berpasngan pada siklus I dan siklus II meliputi: siswa saling berpasangan, guru memberikan contoh potongan cerita pengalaman pribadi kepada setiap siswa, siswa menentukan topik sesuai dengan contoh cerita yang dibagikan, guru menyuruh siswa untuk menyusun kerangka karangan, siswa mengembangkan kerangka karangan menjadi sebuah pengalaman pribadi; (2) pengaruh aktivitas belajar siswa dalam menulis pengalaman pribadi dengan teknik bercerita berpasangan mengalami peningkatan dari prasiklus sampai dengan siklus II. Perhatian dan keantusiasan siswa tergolong kategori baik, respon positif terhadap teknik yang digunakan tergolong baik sekali, keaktifan siswa tergolong cukup, dan sikap atau perilaku siswa tergolong baik; (3) kemampuan menulis pengalaman pribadi pada prasiklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan, pada prasiklus skor rata-rata yang dicapai sebesar 70,21, pada siklus I skor rata-rata sebesar 75,34, dan pada siklus II skor rata-rata yang dicapai sebesar 80,84. Jadi, peningkatan kemampuan menulis pengalaman pribadi dengan teknik bercerita berpasangan pada kelas VII MTs Ma’arif Jatilawang Banjarnegara tahun ajaran 2013/2014 mengalami peningkatan dari prasiklus sampai siklus II. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menulis pengalaman pribadi, teknik bercerita berpasangan en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI DENGAN TEKNIK BERCERITA BERPASANGAN PADA SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF JATILAWANG BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account