Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII MTs HIDAYATUSSIBYAN WADASLINTANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Habibah, Umi
dc.date.accessioned 2018-02-19T07:59:47Z
dc.date.available 2018-02-19T07:59:47Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3092
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) langkah-langkah pengajaran keterampilan menulis teks berita dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VIII MTs Hidayatussibyan Wadaslintang tahun pelajaran 2012/2013; (2) pengaruh penggunaan media gambar terhadap minat dan aktifitas siswa dalam menulis berita pada siswa kelas VIII MTs Hidayatussibyan Wadaslintang taahun pelajaran 2012/2013; (3) peningkatan keterampilan menulis teks berita melalui media gambar pada siswa kelas VIII MTs Hidayatussibyan Wadaslintang taahun pealajaran 2012/2013. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang dilakasanakan pada siswa kelas VIII MTs Hidayatussibyan Wadaslintang tahun pembelajaran 2012/2013. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes. Alat yang digunakan dalam pengambilan data berupa pedoman observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kulitatif dan kuantitatif, sedangkan dalam teknik penyajian hasil analisis data ini digunakan teknik informal. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran keterampilan menulis teks berita melalui media gambar pada siswa kelas VIII MTs Hidayataussibyan Wadaslintang, yaitu (a) siswa mengamati gambar; (b) siswa menuliskan pokok-pokok berita (5W+1H) sesuai dengan data gambar, dan (c) siswa merangkai pokok-pokok berita (5W+1H) menjadi berita yang utuh (2) minat dan aktifitas siswa dalam pembelajaran menulis teks berita melalui media gambar mampu meningkatkan sikap dan minat siswa dalam pembelajaran. Penilaian berdasarkan lembar observasi menunjukan bahwa sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran pada prasiklus rendah, pada siklus I menjadi cukup, dan siklus II menjadi baik. Respon siswa terhadap penggunaan media gambar pada siklus I cukup, dan pada siklus II menjadi lebih baik (3) pembelajaran menulis teks berita melalui media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs Hidayatussibyan Wadaslintang, karena siswa lebih dapat merangkai kalimat dan kreatif. Peningkatan ditunjukan oleh skor prasiklus menuju siklus I mengalami peningkatan sebesar 17,65, sedangkan siklus I menuju siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,15. Secara keseluruhan peningkatan skor dari prasiklus sampai siklus II mengalami peningkatan 25,8 en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject keterampilan menulis, teks berita, dan media gambar en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII MTs HIDAYATUSSIBYAN WADASLINTANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account