dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) langkah-langkah
pengajaran keterampilan menulis teks berita dengan menggunakan media gambar
pada siswa kelas VIII MTs Hidayatussibyan Wadaslintang tahun pelajaran
2012/2013; (2) pengaruh penggunaan media gambar terhadap minat dan aktifitas
siswa dalam menulis berita pada siswa kelas VIII MTs Hidayatussibyan Wadaslintang
taahun pelajaran 2012/2013; (3) peningkatan keterampilan menulis teks
berita melalui media gambar pada siswa kelas VIII MTs Hidayatussibyan Wadaslintang
taahun pealajaran 2012/2013.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang dilakasanakan pada siswa
kelas VIII MTs Hidayatussibyan Wadaslintang tahun pembelajaran 2012/2013.
Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes. Alat yang digunakan dalam
pengambilan data berupa pedoman observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi
foto. Teknik analisis data dilakukan secara kulitatif dan kuantitatif, sedangkan
dalam teknik penyajian hasil analisis data ini digunakan teknik informal.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran
keterampilan menulis teks berita melalui media gambar pada siswa kelas VIII
MTs Hidayataussibyan Wadaslintang, yaitu (a) siswa mengamati gambar; (b) siswa
menuliskan pokok-pokok berita (5W+1H) sesuai dengan data gambar, dan (c)
siswa merangkai pokok-pokok berita (5W+1H) menjadi berita yang utuh (2) minat
dan aktifitas siswa dalam pembelajaran menulis teks berita melalui media
gambar mampu meningkatkan sikap dan minat siswa dalam pembelajaran.
Penilaian berdasarkan lembar observasi menunjukan bahwa sikap siswa dalam
mengikuti pembelajaran pada prasiklus rendah, pada siklus I menjadi cukup, dan
siklus II menjadi baik. Respon siswa terhadap penggunaan media gambar pada
siklus I cukup, dan pada siklus II menjadi lebih baik (3) pembelajaran menulis
teks berita melalui media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis teks
berita siswa kelas VIII MTs Hidayatussibyan Wadaslintang, karena siswa lebih
dapat merangkai kalimat dan kreatif. Peningkatan ditunjukan oleh skor prasiklus
menuju siklus I mengalami peningkatan sebesar 17,65, sedangkan siklus I menuju
siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,15. Secara keseluruhan peningkatan
skor dari prasiklus sampai siklus II mengalami peningkatan 25,8 |
en_US |