Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) Kepercayaan diri siswa
dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan berbantuan media
manipulatif lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori; (2) Prestasi belajar
siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan berbantuan media
manipulatif lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori.
Populasi penelitian adalah semua kelas VIII SMP Negeri 1 Klirong tahun
pelajaran 2013/2014 berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 2 kelas.
Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengujian
hipotesis menggunakan analisis uji t.
Dari uji hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Kepercayaan diri siswa dengan
model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan berbantuan media manipulatif tidak
lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori; (2) Prestasi belajar siswa dengan
model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan berbantuan media manipulatif lebih
baik daripada model pembelajaran ekspositori.