Abstract:
Yang menjadi masalah penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah pembelajaran
keterampilan menulis pengalaman pribadi dengan strategi peta alur pikir (mind map); (2)
bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa, setelah
menggunakan strategi peta alur pikir (mind map); dan (3) bagaimanakah pengaruh strategi
peta alur pikir (mind map) terhadap sikap dan minat siswa pada siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Wadaslintang Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian
tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP N 1
Wadaslintang tahun pembelajaran 2013/2014. Setiap siklus melalui tahap perencanaan,
tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes.
Alat yang digunakan dalam pengambilan data berupa pedoman observasi, jurnal siswa,
kuesioner, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan
teknik kuantitatif, sedangkan teknik penyajian hasil analisis data ini menggunakan teknik
informal.
Hasil penelitian:(1) pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan strategi peta
alur pikir (mind map) dilakukan dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terbagi menjadi dua
pertemuan. Baik siklus I maupun siklus II, proses pembelajaran menempuh beberapa
tahapan yakni: tahap pendahuluan, tahap inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi), dan
tahap penutup, (2) pembelajaran dengan strategi peta alur pikir (mind map) mampu
meningkatkan sikap dan minat siswa dalam pembelajaran. Penilaian berdasarkan lembar
observasi menunjukkan bahwa sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran pada prasiklus
rendah, pada siklus I meningkat menjadi cukup, dan siklus II meningkat menjadi baik.
Respons siswa terhadap strategi peta alur pikir (mind map) yang digunakan pada prasiklus
cukup, pada siklus I dan siklus II meningkat menjadi baik, (3) pembelajaran menulis
pengalaman pribadi dengan strategi peta alur pikir (mind map) dapat meningkatkan
keterampilan siswa dalam menulis pengalaman pribadi. Peningkatan dapat dilihat dari
kemampuan awal siswa dengan rata-rata hasil tes 65,19. Pada siklus I meningkat menjadi
69,77 dan pada siklus II meningkat menjadi 72,77. Hasil tersebut menunjukkan bahwa
pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan strategi peta alur pikir (mind map)
terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis pengalaman pribadi.