Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi dengan Strategi Peta Alur Pikir (Mind Map) pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Wadaslintang Tahun Pelajaran 2013/2014”.

Show simple item record

dc.contributor.author Hidayati, Umi
dc.date.accessioned 2018-02-19T08:03:40Z
dc.date.available 2018-02-19T08:03:40Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3095
dc.description.abstract Yang menjadi masalah penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah pembelajaran keterampilan menulis pengalaman pribadi dengan strategi peta alur pikir (mind map); (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa, setelah menggunakan strategi peta alur pikir (mind map); dan (3) bagaimanakah pengaruh strategi peta alur pikir (mind map) terhadap sikap dan minat siswa pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wadaslintang Tahun Pembelajaran 2013/2014. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP N 1 Wadaslintang tahun pembelajaran 2013/2014. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat yang digunakan dalam pengambilan data berupa pedoman observasi, jurnal siswa, kuesioner, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan teknik kuantitatif, sedangkan teknik penyajian hasil analisis data ini menggunakan teknik informal. Hasil penelitian:(1) pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan strategi peta alur pikir (mind map) dilakukan dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terbagi menjadi dua pertemuan. Baik siklus I maupun siklus II, proses pembelajaran menempuh beberapa tahapan yakni: tahap pendahuluan, tahap inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi), dan tahap penutup, (2) pembelajaran dengan strategi peta alur pikir (mind map) mampu meningkatkan sikap dan minat siswa dalam pembelajaran. Penilaian berdasarkan lembar observasi menunjukkan bahwa sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran pada prasiklus rendah, pada siklus I meningkat menjadi cukup, dan siklus II meningkat menjadi baik. Respons siswa terhadap strategi peta alur pikir (mind map) yang digunakan pada prasiklus cukup, pada siklus I dan siklus II meningkat menjadi baik, (3) pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan strategi peta alur pikir (mind map) dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis pengalaman pribadi. Peningkatan dapat dilihat dari kemampuan awal siswa dengan rata-rata hasil tes 65,19. Pada siklus I meningkat menjadi 69,77 dan pada siklus II meningkat menjadi 72,77. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan strategi peta alur pikir (mind map) terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis pengalaman pribadi. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menulis pengalaman pribadi, strategi peta alur pikir (mind map en_US
dc.title Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi dengan Strategi Peta Alur Pikir (Mind Map) pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Wadaslintang Tahun Pelajaran 2013/2014”. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account