Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
dengan pendekatan PMRI kelas VIID di SMP N 33 Purworejo Tahun Pelajaran
2013/2014.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan desain menurut Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklus terdiri atas
perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Objek penelitian
adalah seluruh siswa kelas VIID di SMP N 33 Purworejo dengan jumlah 32 siswa.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi.
Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan tes.
Teknik analisis data menggunakan persentase dan rata-rata.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil nilai persentase aktivitas belajar
mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus 31,77% dengan kategori kurang
sekali, pada siklus I sebesar 55,03% dengan kategori kurang dan pada siklus II
mencapai 76,04% dengan kategori baik. Selain itu hasil belajar juga meningkat,
pada pra siklus persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 25% dengan rata-rata
56,71, pada siklus I persentase ketuntasan belajar sebesar 43,75% dengan rata-rata
62,21 sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar sebesar 78,12%
dengan rata-rata 78. Simpulan dari penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas VIID di SMP N 33 Purworejo mengalami peningkatan setelah
menggunakan pendekatan PMRI dalam pembelajaran matematika.