Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan penguasaan
faktor dan kelipatan dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa
kelas V SD Negeri se-Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran
2012/2013. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar berjumlah
976 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 254 siswa. Teknik sampling
yang digunakan disproportinate stratified random sampling. Dari pengolahan data,
diperoleh koefisien korelasi da ta penguasaan faktor dan kelipatan dengan data
kemampuan menyelesaikan soal cerita = 0,70. Dari uji-t, diperoleh thitung
=15,56 dan t tabel = 1,96 maka thitung > ttabel . Hal tersebut berakibat Ho ditolak artinya
terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel. Disimpulkan adanya
hubungan yang signifikan penguasaan faktor dan kelipatan dengan kemampuan
menyelesaikan soal cerita.