Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penggunaan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas VIII-A SMP N 13 Purworejo.
Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A semester 2 SMP N 13 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data minat mengunakan lembar observasi dan pengumpulan data prestasi dengan menggunakan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Reviev Horay dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII-A SMP N 13 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Minat belajar siswa naik dari kondisi awal sebesar 38% menjadi 56% pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 81% pada siklus II. Demikian juga dengan prestasi belajar matematika, yaitu dari kondisi awal sebesar 34% menjadi 50% pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 78% pada siklus II.