Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS X SMA PANCASILA PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Subodro, Wahyu
dc.date.accessioned 2018-02-19T08:08:32Z
dc.date.available 2018-02-19T08:08:32Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3099
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis cerpen melalui metode Latihan Terbimbing pada siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo, (2) pengaruh metode Latihan Terbimbing terhadap aktivitas belajar siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo, (3) peningkatan prestasi siswa dalam menulis cerpen setelah penggunaan metode Latihan Terbimbing pada siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo tahun 2012/2013 sebanyak 24 siswa. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat yang digunakan dalam pengambilan data berupa tes, nontes observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik tes yang digunakan adalah tes yang menuntut siswa untuk menulis cerpen. Pada teknik nontes instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lembar observasi untuk mengamati kegiatan siswa dalam pembelajaran, dokumentasi kegiatan pembelajaran yang berupa foto digunakan untuk merekam perilaku siswa selama pembelajaran berlangsung, dan wawancara ditujukan kepada orang yang bersangkutan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Dalam teknik analisis data, digunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Dalam penyajian hasil analisis data, digunakan teknik informal. Setelah dilaksanakan penelitian dengan metode Latihan Terbimbing dalam pembelajaran menulis cerpen dapat disimpulkan: (1) pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen terdiri dari tiga tahap yaitu tahap prasiklus, tahap siklus satu, dan tahap siklus dua. Kegiatan pembelajaran pada tahap prasiklus, siklus satu, dan siklus dua melaksanakan empat tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penerapan pembelajaran menulis cerpen dengan langkah-langkah sebagai berikut: (a) guru menjelaskan tentang unsurunsur pembangun cerpen, (b) guru mengajak siswa untuk menentukan tema, (c) guru mengajak siswa untuk menentukan ide cerita, (d) guru mengajak siswa untuk membuat kerangka karangan, (e) guru mengajak siswa bagaimanana mulai bercerita, (f) guru mengajak siswa untuk menentukan judul dalam cerpen, (g) siswa mulai menulis cerpen dengan bimbingan dari guru, (2) pengaruh metode Latihan Terbimbing dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menulis cerpen. Pada setiap siklusnya aspek perhatian, gairah belajar, keaktifan dan motivasi meningkat. Pada siklus I, siswa yang memperhatikan penjelasan penulis 16 siswa atau62,5%, pada siklus II meningkat sebanyak 21 siswa atau 87,5%. Pada siklus I siswa yang bergairah mengikuti pembelajaran menulis cerpen sebanyak 18 siswa atau 75%, pada siklus II meningkat sebanyak 22 siswa atau 95,9%. Pada siklus I siswa yang aktif sebanyak 19 siswa atau 79,16%, pada siklus II meningkat viii ix menjadi 23 atau 95,9%. Pada siklus I siswa yang serius dan termotivasi sebanyak 15 atau 62,5%, pada siklus II meningkat menjadi 23 siswa atau 95,8%. Terlihat dari hasil tes menulis cerpen siswa pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II, (3) nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan setelah menggunakan metode Latihan Terbimbing pada kegiatan menulis cerpen, hal ini dapat dilihat dari tahap prasiklus mencapai 68,37 kemudian setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 73,75. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 78,45. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Keterampilan menulis cerpen, metode Latihan Terbimbing en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS X SMA PANCASILA PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account