Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran
menulis pengalaman pribadi dengan metode mind mapping pada siswa kelas VII SMP
Negeri 2 Candimulyo kabupaten Magelang tahun ajaran 2012/2013, (2) perubahan sikap
dan tingkah laku siswa kelas VII SMP Negeri 2 Candimulyo kabupaten Magelang tahun
ajaran 2012/2013, setelah mendapatkan pembelajaran menulis pengalaman pribadi
dengan metode mind mapping dan, (3) peningkatan prestasi atau kemampuan belajar
siswa dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri
2 Candimulyo kabupaten Magelang tahun ajaran 2012/2013 setelah diterapkannya
metode mind mapping.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri
dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas VII F SMP Negeri
2 Candimulyo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes
berupa tes menulis pengalaman pribadi, sedangkan teknik nontes berupa lembar observasi
untuk mengamati tingkah laku siswa, lembar angket untuk mengetahui kesan siswa, dan
dokumentasi foto untuk mengetahui sikap siswa secara visual. Dalam analisis data
digunakan teknik kuantitatif dan kualilatif. Dalam penyajian hasil analisis digunakan
teknik informal.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) metode mind mapping
diterapkan pada siklus I dan siklus II. Guru (peneliti) menyuruh siswa membuat sebuah
gambar dengan spidol warna dan diletakkan ditengah (central) kertas, kemudian
menghubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat dan cabang-cabang tingkat dua,
tiga, dan seterusnya. Siswa menggunakan satu kata kunci tunggal untuk setiap garis.
Selanjutnya, siswa mengembangkan ide-ide yang tertulis dalam mind mapping menjadi
sebuah karangan. Isi dan urutan cerita yang dikembangkan harus sesuai dengan gambar
pada mind mapping yang dibuat siswa; (2) perubahan sikap dan tingkah laku positif siswa
mengalami peningkatan dari prasiklus sampai dengan siklus II. Perubahan sikap dan
tingkah laku positif siswa (memperhatikan dan merespon dengan antusias (bertanya,
menanggapi, dan membuat catatan), berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan diskusi
kelompok, senang terhadap pembelajaran dengan metode mind mapping, selalu bertanya
apabila menemukan kesulitan, dan menulis pengalaman pribadi dengan sikap baik) pada
prasiklus skor rata-rata 33,33%, siklus I skor rata-rata 86,67%, dan skor rata-rata siklus II
sebesar 91,11%. Dengan demikian, perubahan sikap positif siswa mengalami peningkatan
dari prasiklus sampai dengan siklus II; dan (3) peningkatan kemampuan menulis dapat
dilihat dari hasil rata-rata kelas pada prasiklus 63,08, pada siklus I sebesar 73,22 dan
pada siklus II sebesar 78,5. Dengan demikian, peningkatan dari prasiklus ke siklus I
sebesar 10,14 dan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5,28. Berdasarkan uraian
di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan
kemampuan menulis pengalaman pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2
Candimulyo kabupaten Magelang.