Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI DENGAN METODE PETA ALUR PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Ekowati, Dewi
dc.date.accessioned 2018-02-19T08:11:13Z
dc.date.available 2018-02-19T08:11:13Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3100
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan metode mind mapping pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Candimulyo kabupaten Magelang tahun ajaran 2012/2013, (2) perubahan sikap dan tingkah laku siswa kelas VII SMP Negeri 2 Candimulyo kabupaten Magelang tahun ajaran 2012/2013, setelah mendapatkan pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan metode mind mapping dan, (3) peningkatan prestasi atau kemampuan belajar siswa dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Candimulyo kabupaten Magelang tahun ajaran 2012/2013 setelah diterapkannya metode mind mapping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Candimulyo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes menulis pengalaman pribadi, sedangkan teknik nontes berupa lembar observasi untuk mengamati tingkah laku siswa, lembar angket untuk mengetahui kesan siswa, dan dokumentasi foto untuk mengetahui sikap siswa secara visual. Dalam analisis data digunakan teknik kuantitatif dan kualilatif. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik informal. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) metode mind mapping diterapkan pada siklus I dan siklus II. Guru (peneliti) menyuruh siswa membuat sebuah gambar dengan spidol warna dan diletakkan ditengah (central) kertas, kemudian menghubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat dan cabang-cabang tingkat dua, tiga, dan seterusnya. Siswa menggunakan satu kata kunci tunggal untuk setiap garis. Selanjutnya, siswa mengembangkan ide-ide yang tertulis dalam mind mapping menjadi sebuah karangan. Isi dan urutan cerita yang dikembangkan harus sesuai dengan gambar pada mind mapping yang dibuat siswa; (2) perubahan sikap dan tingkah laku positif siswa mengalami peningkatan dari prasiklus sampai dengan siklus II. Perubahan sikap dan tingkah laku positif siswa (memperhatikan dan merespon dengan antusias (bertanya, menanggapi, dan membuat catatan), berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan diskusi kelompok, senang terhadap pembelajaran dengan metode mind mapping, selalu bertanya apabila menemukan kesulitan, dan menulis pengalaman pribadi dengan sikap baik) pada prasiklus skor rata-rata 33,33%, siklus I skor rata-rata 86,67%, dan skor rata-rata siklus II sebesar 91,11%. Dengan demikian, perubahan sikap positif siswa mengalami peningkatan dari prasiklus sampai dengan siklus II; dan (3) peningkatan kemampuan menulis dapat dilihat dari hasil rata-rata kelas pada prasiklus 63,08, pada siklus I sebesar 73,22 dan pada siklus II sebesar 78,5. Dengan demikian, peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 10,14 dan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5,28. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis pengalaman pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Candimulyo kabupaten Magelang. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menulis pengalaman pribadi, metode mind mapping en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI DENGAN METODE PETA ALUR PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account