Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif
Teams Games Tournament berbantuan monopoli matematika dapat meningkatkan
aktivitas dan prestasi belajar siswa di kelas VII SMP PGRI Bandongan tahun
ajaran 2013/2014.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII
semester II SMP PGRI Bandongan tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 30
siswa. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa
untuk mengukur aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dan tes untuk
mengukur prestasi belajar siswa pada tiap siklusnya. Setelah data terkumpul, data
dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatkan aktivitas belajar
siswa yang berpengaruh pada peningkatan prestasi belajar siswa. Pada siklus I
presentase aktivitas belajar siswa mencapai 63,64% dan terjadi peningkatan pada
siklus II menjadi 72,73%. Peningkatan aktivitas siswa diikuti peningkatan ratarata
kelas dari 56,67 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa atau
sebesar 53,33% pada siklus I meningkat menjadi 79,44 dengan jumlah siswa yang
tuntas sebanyak 23 siswa atau sebesar 76,67% pada siklus II. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament
berbantuan monopoli matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar yang
diikuti prestasi belajar siswa kelas VII SMP PGRI Bandongan tahun ajaran
2013/2014.