Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Ma'rif, Samsul
dc.date.accessioned 2018-02-19T08:13:12Z
dc.date.available 2018-02-19T08:13:12Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3102
dc.description.abstract Tujuan pada penelitian ini adalah Untuk Mengetahui: (1) metode pembelajaran TSTS dapat menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada metode pembelajaran Diskusi pada materi bangun datar atau tidak, (2) prestasi belajar matematika siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki aktivitas belajar sedang dan rendah, dan siswa dengan aktivitas belajar sedang lebih baik dari siswa dengan aktivitas belajar rendah pada materi bangun datar atau tidak, (3) ada interaksi antara model pembelajaran yang digunakan dengan aktivitas belajar atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2 × 3. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 64 responden yang terdiri dari kelompok eksperimen I dan kelompok Eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika, lembar observasi aktivitas belajar oleh guru, dan angket aktivitas belajar siswa. Validitas diuji dengan korelasi product moment dengan angka kasar, reliabilitas tes diuji dengan rumus KR-20. Uji prasyarat Analisis Variansi menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Barlett untuk uji homogenitas. Dengan α = 0.05 diperoleh sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah ANAVA dua jalan dengan sel tak sama. Dengan α = 0.05. Hasil komparasi ganda antar kolom dari hipotesis yang H0 nya ditolak diperoleh bahwa (1) siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki aktivitas belajar sedang (F1-2 = 6.5844 > 6.46 = 2Ftabel), (2) siswa yang memiliki aktivitas belajar sedang mempunyai prestasi belajar matematika yang tidak lebih baik daripada siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah (F2-3 = 4.4147 > 6.46 = 2Ftabel), (3) siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah (F1-3 = 16.167 > 6.4 = 2Ftabel). en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject TSTS, Diskusi, Prestasi Belajar, Aktivitas Belajar, Bangun Datar en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account