Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi
matematis siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan inkuiri
berbantuan alat peraga di kelas VII-A MTs Ma’arif NU Pituruh.
Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-A di MTs
Ma’arif NU Pituruh yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2
siklus, yakni siklus pertama terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus kedua terdiri
dari 3 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah butir
soal untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis. Data dari hasil tes butir
soal secara kuantitatif yang diperkuat dengan dokumentasi yang selanjutnya dari
semua data yang diperoleh tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis
siswa kelas VII-A di MTs Ma’arif NU Pituruh mengalami peningkatan dari siklus
1 ke siklus 2 setelah dilaksanakan pembelajaran melalui pendekatan inkuiri
berbantuan alat peraga. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan skor total aspek
komunikasi matematis dari siklus 1 yang semula hanya 64,08% pada kategori
sedang menjadi 66,66% pada kategori tinggi di siklus 2. Ditunjukkan juga oleh
sebanyak 74,19% dari jumlah siswa mengalami peningkatan prestasi belajar atau
yang sudah mencapai KKM. Dengan demikian, siswa mempunyai solusi yang
tepat terhadap pembelajaran matematika melalui pendekatan inkuiri berbantuan
alat peraga sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.