Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X-B SMA Pancasila Purworejo tahun ajaran
2012/2013. Tahap untuk pengumpulan data menggunakan instrumen
pengumpulan data berupa intrumen tes dan nontes. Sumber data diambil dari hasil
tes dan nontes siswa. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan
teknik tes dan nontes. Dalam teknik analisis data digunakan teknik kuantitatif dan
kualitatif. Dalam teknik penyajian hasil analisis, peneliti menggunakan teknik
gabungan antara informal dan formal.
Dari hasil analisis data yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa
(1) penerapan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan metode
learning community yaitu materi pembelajaran dan pembagian kelompok, siswa
saling bertukar cerita pengalaman pribadinya dalam lembar kertas dengan teman
satu meja untuk dikembangkan menjadi cerpen, siswa mendiskusikan kekurangan
dari hasil cerpen yang telah ditulis untuk diimajinasikan kembali cerpen yang
ditulis menjadi lebih baik, (2) motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran
menulis cerpen pada prasiklus masih tergolong rendah, pada siklus I mengalami
peningkatan menjadi baik, dan pada siklus II menjadi lebih baik daripada
prasiklus dan siklus I sehingga pembelajaran dengan metode learning community
mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam menulis cerpen serta
membangun karakter siswa yang kreatif dan bekerja sama, (3) pembelajaran
menulis cerpen dengan metode learning community dapat meningkatkan
keterampilan siswa dalam menulis cerpen. Peningkatan dapat dilihat dari
kemampuan siswa dalam menulis cerpen pada prasiklus dengan rerata tes
mencapai 62,7. Pada siklus I meningkat menjadi 71,9, dan pada siklus II
meningkat menjadi 77,1. Hasil tes tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran
menulis cerpen dengan metode learning community terbukti dapat meningkatkan
keterampilan siswa dalam menulis cerpen.