Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

“Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Metode Learning Community sebagai Upaya Membangun Karakter Kreatif pada Siswa Kelas X SMA Pancasila Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013”.

Show simple item record

dc.contributor.author Mardianti
dc.date.accessioned 2018-02-19T08:15:08Z
dc.date.available 2018-02-19T08:15:08Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3104
dc.description.abstract Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-B SMA Pancasila Purworejo tahun ajaran 2012/2013. Tahap untuk pengumpulan data menggunakan instrumen pengumpulan data berupa intrumen tes dan nontes. Sumber data diambil dari hasil tes dan nontes siswa. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik tes dan nontes. Dalam teknik analisis data digunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Dalam teknik penyajian hasil analisis, peneliti menggunakan teknik gabungan antara informal dan formal. Dari hasil analisis data yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan metode learning community yaitu materi pembelajaran dan pembagian kelompok, siswa saling bertukar cerita pengalaman pribadinya dalam lembar kertas dengan teman satu meja untuk dikembangkan menjadi cerpen, siswa mendiskusikan kekurangan dari hasil cerpen yang telah ditulis untuk diimajinasikan kembali cerpen yang ditulis menjadi lebih baik, (2) motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran menulis cerpen pada prasiklus masih tergolong rendah, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi baik, dan pada siklus II menjadi lebih baik daripada prasiklus dan siklus I sehingga pembelajaran dengan metode learning community mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam menulis cerpen serta membangun karakter siswa yang kreatif dan bekerja sama, (3) pembelajaran menulis cerpen dengan metode learning community dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen. Peningkatan dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menulis cerpen pada prasiklus dengan rerata tes mencapai 62,7. Pada siklus I meningkat menjadi 71,9, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,1. Hasil tes tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menulis cerpen dengan metode learning community terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Menulis Cerpen, Metode Learning Community, Karakter Kreatif dan Bekerja Sama en_US
dc.title “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Metode Learning Community sebagai Upaya Membangun Karakter Kreatif pada Siswa Kelas X SMA Pancasila Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013”. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account