Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Kemandirian dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Peer Tutoring dengan Reciprocal Teaching pada Siswa Kelas XC SMA Muhammadiyah Borobudur Tahun Ajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Noor, Fauzia El Husnia
dc.date.accessioned 2018-02-19T08:16:36Z
dc.date.available 2018-02-19T08:16:36Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3105
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Peer Tutoring dengan Reciprocal Teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XC SMA Muhammadiyah Borobudur tahun ajaran 2013/2014, yang berjumlah 25 siswa, yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik deskripsi presentase. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Peer Tutoring dengan Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa kelas XC SMA Muhammadiyah Borobudur. Hal tersebut dilihat dari rata-rata kemandirian belajar siswa berdasarkan hasil observasi dan angket selama proses pembelajaran meningkat dari 71,04% pada siklus I menjadi 75,07% pada siklus II. Peningkatan kemandirian belajar siswa ini berpengaruh terhadap prestasi belajar. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 58,64 dengan ketuntasan 32% pada kondisi awal menjadi 66,72 dengan ketuntasan 56% pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 75,04 dengan ketuntasan 76% pada siklus II. Sehingga model pembelajaran Peer Tutoring dengan Reciprocal Teaching dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran yang mengupayakan peningkatan kemandirian dan prestasi belajar siswa. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Peer Tutoring, Reciprocal Teaching, kemandirian belajar, prestasi belajar. en_US
dc.title Peningkatan Kemandirian dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Peer Tutoring dengan Reciprocal Teaching pada Siswa Kelas XC SMA Muhammadiyah Borobudur Tahun Ajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account