dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi
belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Peer Tutoring dengan
Reciprocal Teaching.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XC
SMA Muhammadiyah Borobudur tahun ajaran 2013/2014, yang berjumlah 25
siswa, yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode angket, metode
tes, dan metode dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis dengan
menggunakan teknik deskripsi presentase.
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Peer Tutoring dengan Reciprocal Teaching dapat meningkatkan
kemandirian dan prestasi belajar siswa kelas XC SMA Muhammadiyah
Borobudur. Hal tersebut dilihat dari rata-rata kemandirian belajar siswa
berdasarkan hasil observasi dan angket selama proses pembelajaran meningkat
dari 71,04% pada siklus I menjadi 75,07% pada siklus II. Peningkatan
kemandirian belajar siswa ini berpengaruh terhadap prestasi belajar. Rata-rata
nilai siswa meningkat dari 58,64 dengan ketuntasan 32% pada kondisi awal
menjadi 66,72 dengan ketuntasan 56% pada siklus I, kemudian meningkat lagi
menjadi 75,04 dengan ketuntasan 76% pada siklus II. Sehingga model
pembelajaran Peer Tutoring dengan Reciprocal Teaching dapat digunakan
sebagai alternatif dalam pembelajaran yang mengupayakan peningkatan
kemandirian dan prestasi belajar siswa. |
en_US |