Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran
menulis narasi ekspositoris dengan media film; (2) pengaruh media film dalam proses
pembelajaran menulis narasi ekspositoris; (3) peningkatan kemampuan menulis narasi
ekspositoris dengan media film pada siswa kelas XI SMK Batik Perbaik Purworejo tahun
pelajaran 2012/2013.
Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian tindakan kelas, yang meliputi
tahap prasiklus, siklus I dan siklus I. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Batik Perbaik
Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013, yang berjumlah 32 siswa. Data yang diperoleh
berupa data kuantitatif dan kualitatif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik
tes dan teknik nontes. Dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan teknik analisis
data secara kualitatif dan kuantitatif. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan
adalah metode penyajian informal.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran menulis
narasi ekspositoris dengan media film;(a) peneliti menayangkan film, (b) siswa
menyimak film dan mengamati peristiwa-peristiwa dalam film,(c) siswa menulis dengan
mengembangkan ide-ide gagasan untuk menulis narasi ekspositoris (2) pengaruh media
film dalam proses pembelajaran menulis narasi ekspositoris pada siklus I, siswa masih
banyak yang belum antusias dalam pembelajaran menulis narasi ekspositoris dengan
media film, sedangkan pada siklus II siswa sudah mulai antusias mengikuti pembelajaran
yang digunakan oleh peneliti dengan baik. Hasil kuesioner tanggapan siswa setelah
pembelajaran menulis narasi ekspositoris dengan media film diketahui jawaban paling
dominan setuju; (3) pembelajaran menulis narasi ekspositoris dengan media film dapat
meningkatkan kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa kelas XI SMK Batik
Perbaik Purworejo karena siswa lebih dapat merangkai kalimat dengan baik dan lebih
kreatif. Hasil kemampuan siswa menulis narasi ekspositoris dengan media film
memperoleh nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 54,74 termasuk, sedangkan nilai ratarata
pada siklus I sebesar 63,75. Peningkatan ditunjukkan oleh skor prasiklus menuju
siklus I mengalami peningkatan sebesar 9,40, sedangkan siklus I menuju siklus II
mengalami peningkatan sebesar 6,88. Secara keseluruhan peningkatan skor dari prasiklus
sampai siklus II mengalami peningkatan18,13. Pada siklus II, nilai rata-rata yang dicapai
adalah 72,86. Dengan demikian dapat dibuktikan ada peningkatan dalam pembelajaran
menulis narasi ekspositoris dengan media film pada siswa kelas XI SMK Batik Perbaik
Purworejo.