Abstract:
T ujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan proses pembelajaran
menulis surat pribadi dengan metode peta pikiran (mind mapping) dan
meningkatkan kemampuan keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas V
SD Kristen 03 Wonososbo dengan metode peta pikiran (mind mapping).
Y ang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah kemapuan
menulis surat pribadi, sedangkan metode tindakan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode peta pikiran (mind mapping). Bentuk penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek
penelitian adalah siswa kelas V SD Kristen 03 Wonososbo yang berjumlah 36
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi,
dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi
metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif. Kedua
teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II.
Dalam penyajian hasil analisis digunakan metode informal.
B erdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan
kualitas proses pembelajaran menulis surat pribadi setelah diadakan tindakan
kelas dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping). Hal itu dapat ditunjukkan
nilai rata-rata kegiatan siswa pada siklus I nilainya 2,67 dengan kriteria baik dan
meningkat pada siklus II nilainya menjadi 3,75 dengan kriteria sangat baik. Ada
peningkatan kemampuan01 menulis surat pribadi setelah diadakan tindakan kelas
dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping). Hal itu dapat ditunjukkan dengan
meningkatnya kemampuan menulis surat pribadi siswa sebelum dan sesudah
tindakan. Pada siklus I ada peningkatan kemampuan menulis surat pribadi dari
rata-rata 61,2 menjadi 65,8 dengan ketuntasan klasikal 68% dan pada siklus II ada
peningkatan kemampuan menulis surat pribadi dari rata-rata 65,8 menjadi 73
dengan ketuntasan kalsikal 84%. Dengan demikian, Metode Peta Pikiran (Mind
Mapping) dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi
siswa kelas V SD Kristen 03 Wonosobo Tahun Ajaran 2011/2012.