Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan
pembelajaran dengan model NHT berbantuan media powerpoint menghasilkan
prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran make a
match pada materi limit fungsi aljabar siswa kelas XI IPS semester 2 SMA Negeri
1 Binangun tahun pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu dengan teknik
sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik pengujian hipotesis
menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%, yang sebelumnya telah
memenuhi syarat normalitas dan homogenitas.
Hasil uji hipotesis dari data setelah perlakuan menunjukan nilai
tobs = 1,111< ttabel = 1,645 artinya thitung ∉ DK sehingga H0 diterima. Dengan
demikian disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa pada materi limit
fungsi aljabar menggunakan model NHT berbantuan media powerpoint tidak
lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model make a match setelah
diterapkan pada siswa kelas XI IPS semester 2 SMA Negeri 1 Binangun tahun
pelajaran 2013/2014.