Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Team Assisted Individualization (TAI) Materi Trigonometri Ditinjau dari Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Widyaningsih, Septi
dc.date.accessioned 2018-02-19T08:23:08Z
dc.date.available 2018-02-19T08:23:08Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3110
dc.description.abstract Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah : (1) prestasi belajar siswa dengan model Numbered Heads Together (NHT) pada materi trigonometri hasilnya lebih baik dibandingkan dengan model Team Assited Individualization (TAI); (2) prestasi belajar siswa pada materi trigonometri, siswa dengan motivasi belajar tinggi hasilnya akan lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar sedang atau rendah; (3) terdapat kombinasi efek antara penerapan model Numbered Heads Together (NHT) dan Team Assited Individualization (TAI) dengan perbedaan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA N 3 Purworejo pada materi trigonometri. Pelaksanaan penelitian dimulai bulan Maret-Juli 2013 dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Teknik sampling yang digunakan Cluster Random Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah data dokumentasi, angket motivasi belajar dan tes prestasi belajar. Analisis instrumen tes menggunakan validitas dan reliabilitas. Sedangkan untuk analisis butir tes diuji dengan uji TK, DP dan pengecoh. Pada penelitian ini data awal yang digunakan adalah nilai Ulangan Akhir Semester I. Selanjutnya dilakukan uji normalitas dengan menggunakan metode Lilliefors, uji homogenitas menggunakan metode Bartlett dengan uji Chi Kuadrat dan uji keseimbangan dengan uji-t terhadap data awal tersebut. Hasil tes prestasi belajar menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen I = 87.625 dan rata-rata nilai kelas eksperimen II = 84.625. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Dari hasil uji hipotesis diperoleh : (1) Fa = 5.74 sedangkan DK untuk Fa adalah DK ={F│F > , ; ; } = 4.008. Karena 5.74 > 4.008 maka H0A ditolak sehingga dilihat dari rataan marginalnya prestasi belajar siswa dengan model NHT pada materi trigonometri hasilnya lebih baik dibandingkan dengan model TAI. (2) Fb = 2.87 sedangkan daerah kritik untuk Fb adalah DK =F│F > , ; ; } = 3.158 karena 2.87< 3.158 maka H0B diterima sehingga prestasi belajar siswa pada materi trigonometri siswa dengan motivasi belajar tinggi hasilnya tidak lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar sedang atau rendah. (3) Fab = 2.87 di mana daerah kritik untuk Fab adalah DK ={F│F > , ; ; } = 3.158. Karena 2.87< 3.158 maka H0AB diterima sehingga tidak terdapat kombinasi efek antara model pembelajaran dengan motivasi belajar. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject prestasi belajar, NHT, TAI, motivasi belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Team Assisted Individualization (TAI) Materi Trigonometri Ditinjau dari Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account