Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Poncowarno Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Khotimah, Khusnul
dc.date.accessioned 2018-02-19T08:23:31Z
dc.date.available 2018-02-19T08:23:31Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3111
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran NHT untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada pembelajaran Matematika siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Poncowarno tahun pelajaran 2013/2014. (2) Mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model pembelajaran NHT untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada pembelajaran Matematika siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Poncowarno tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II terdiri dari 4 pertemuan. Dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Poncowarno tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan rerata dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada keterlibatan siswa terdiri dari delapan langkah yang terjabar menjadi 11 kegiatan. Langkah-langkah pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami perbaikan. Indikator keberhasilan penelitian sebesar 75% dapat tercapai pada siklus II. 2) Kendala yang ditemukan dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam peningkatan keterampilan pemecahan masalah pada pembelajaran Matematika siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Poncowarno adalah sebagai berikut: (a) membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatan penomoran untuk siswa; (b) jika tidak bisa menguasai kelas, kelas menjadi gaduh dan sulit dikendalikan; dan (c) siswa kurang aktif dalam berdiskusi/berpikir bersama. Adapun solusi untuk mengatasi kendala yang terjadi dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yaitu (a) peneliti membuat penomoran sebelum mendekati waktu praktek, supaya persiapannya lebih matang; (b) peneliti berusaha untuk mengarahkan siswa agar tidak terlalu ribut, terutama saat pemanggilan nomor dan saat menjawab pertanyaan; dan (c) peneliti berusaha untuk membimbing secara intensif pada setiap kelompok dan menanyakan kesulitan-kesulitan yang dialami kelompok, sehingga siswa akan terlibat aktif dalam diskusi. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject model NHT, pemecahan masalah, pembelajaran matematika en_US
dc.title Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Poncowarno Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account