Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Animasi Matematika Terhadap Prestasi Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Nurul Muttaqin Kemiri Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Nazilah, Lutfiyatun
dc.date.accessioned 2018-02-19T08:26:51Z
dc.date.available 2018-02-19T08:26:51Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3112
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Nurul Muttaqin Kemiri pada materi kubus dan balok yang mendapatkan pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan animasi matematika lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Nurul Muttaqin Kemiri yang berjumlah 160 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan siswa kelas VIII B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan menggunakan nilai ujian akhir semester pertama. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes prestasi belajar pada materi kubus dan balok yang berjumlah 20 soal yang sebelumnya telah diujikan validitas dengan teknik korelasi product moment dan reliabilitas dengan rumus KR-20. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Liliefors untuk menghitung normalitas, uji Bartlett untuk menghitung homogenitas dan untuk uji hipotesis menggunakan uji t-student atau uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji normalitas kelas kontrol 0,129 dengan L0,05;32 sebesar 0,156 pada kelas eksperimen 0,138 dengan L0,05;32 sebesar 0,566, sehingga H0 diterima yang berarti kedua populasi berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas kelas kontrol dan kelas eksperimen hasilnya 0,211 dengan 0,05;1 sebesar 3,841 sehingga H0 diterima yang berarti kedua populasi homogen. Untuk rereta nilai pada kelas kontrol 72,65 dan pada kelas eksperimen 79,03 dengan t0,025;34 sebesar 1,645, sehingga H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa prestasi belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan animasi Matematika lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan metode konvensional setelah diterapkan pada siswa kelas VIII SMP Nurul Muttaqin Kemiri tahun pelajaran 2013/2014. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Prestasi belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS berbantuan Animasi Matematika. en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Animasi Matematika Terhadap Prestasi Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Nurul Muttaqin Kemiri Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account