Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa pada Materi Bangun Datar Kelas VII SMP Negeri I Mirit

Show simple item record

dc.contributor.author Al Mansuri, Sidik
dc.date.accessioned 2018-02-19T08:27:16Z
dc.date.available 2018-02-19T08:27:16Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3113
dc.description.abstract Pada dasarnya penelitian ini memiliki beberapa tujuan. Diantaranya yaitu untuk mengetahui : (1) apakah prestasi belajar dan kreativitas siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT lebih baik daripada prestasi belajar dan kreativitas siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional pada materi bangun datar. Selain itu, juga untuk mengetahui (2) adakah perbedaan efek kedua pembelajaran terhadap prestasi dan kreativitas siswa kelas VII SMP Negeri I Mirit tahun pelajaran 2012/2013 pada materi bangun datar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri I Mirit tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari delapan kelas dengan jumlah siswa sebanyak 256 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 64 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes prestasi, penilaian kreativitas dan angket kreativitas. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen terlebih dahulu diujicobakan pada kelas VII dan diperoleh kesimpulan berdasarkan TK dan DP 24 soal yang diterima. Validitas instrumen diuji menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus Sperman-Brown. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Chi Kuadrat dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett diperoleh kesimpulan sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Dari perhitungan yang dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan diperoleh 11=59,2 12=58,6 dan 21=68,1 22=65,8. Uji hipotesis menggunakan uji t menunjukan tobs sebesar 2,085 lebih besar dari ttabel sebesar 1,669 sehingga H0 ditolak artinya (1) prestasi belajar dan kreativitas siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Uji beda rataan multivariat menggunakan uji t multivariat menunjukkan Fobs = 3.18 lebih besar dari Ftabel = 3.13 maka H0 ditolak artinya (2) ada perbedaan efek model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar dan kreativitas siswa. Selanjutnya dilakukan uji univariat terpisah antara prestasi dan kreativitas, diperoleh tobs = 15,55 lebih besar dari ttabel sebesar 1,99 untuk prestasi dan tobs sebesar 17,6 lebih besar dari ttabel sebesar 1,99 untuk kreativitas maka kedua H0 ditolak. Artinya prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran tipe TGT berbeda dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran konvensional, selain itu kreativitas siswa yang mendapat pembelajaran tipe TGT juga berbeda dengan kreativitas siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject prestasi belajar, TGT, kreativitas en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa pada Materi Bangun Datar Kelas VII SMP Negeri I Mirit en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account