Abstract:
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar
siswa melalui pendekatan pembelajaran problem open ended. Pendekatan
pembelajaran ini diterapkan pada materi faktorisasi suku aljabar.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masinng
siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan
evaluasi, dan analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Salafiyah
Syafi’iyah Grogolpenatus siswa kelas VIIIA tahun pelajaran 2013/2014 yang
berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 metode, yaitu
metode observasi, tes, dan angket. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan
menggunakan rumus rerata dan persentase.
Hasil analisis data diperoleh bahwa rerata skor keaktifan belajar siswa sebesar
57.64 pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 75%, pada siklus II rerata skor
keaktifan siswa sebesar 63.46 dengan ketuntasan klasikal 82.14%. Sedangkan
rerata prestasi belajar siswa 67.53 pada pra siklus dengan ketuntasan klasikal
50%, kemudian pada siklus I rerata prestasi belajar siswa 67.67 dengan ketuntasan
klasikal 57.14%, dan pada siklus II rerata prestasi belajar siswa 83.21 dengan
ketuntasan klasikal 96.43%. Ini berarti keaktifan dan prestasi belajar siswa
mengalami peningkatan. Jadi, pembelajaran melalui pendekatan problem open
ended dapat meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa di kelas
VIIIA MTs Salafiyah Syafi’iyah Grogolpenatus tahun pelajaran 2013/2014 pada
materi faktorisasi suku aljabar.