Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIIIA MTs Salafiyah Syafi’iyah Grogolpenatus Melalui Pendekatan Pembelajaran Problem Open Ended Tahun 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Makhbub, Amin
dc.date.accessioned 2018-02-19T08:31:18Z
dc.date.available 2018-02-19T08:31:18Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3116
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran problem open ended. Pendekatan pembelajaran ini diterapkan pada materi faktorisasi suku aljabar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masinng siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan evaluasi, dan analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Salafiyah Syafi’iyah Grogolpenatus siswa kelas VIIIA tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 metode, yaitu metode observasi, tes, dan angket. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan rumus rerata dan persentase. Hasil analisis data diperoleh bahwa rerata skor keaktifan belajar siswa sebesar 57.64 pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 75%, pada siklus II rerata skor keaktifan siswa sebesar 63.46 dengan ketuntasan klasikal 82.14%. Sedangkan rerata prestasi belajar siswa 67.53 pada pra siklus dengan ketuntasan klasikal 50%, kemudian pada siklus I rerata prestasi belajar siswa 67.67 dengan ketuntasan klasikal 57.14%, dan pada siklus II rerata prestasi belajar siswa 83.21 dengan ketuntasan klasikal 96.43%. Ini berarti keaktifan dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Jadi, pembelajaran melalui pendekatan problem open ended dapat meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa di kelas VIIIA MTs Salafiyah Syafi’iyah Grogolpenatus tahun pelajaran 2013/2014 pada materi faktorisasi suku aljabar. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject problem open ended, prestasi belajar, keaktifan belajar en_US
dc.title Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIIIA MTs Salafiyah Syafi’iyah Grogolpenatus Melalui Pendekatan Pembelajaran Problem Open Ended Tahun 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account