Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Make A Match terhadap Hasil dan Kreativitas Belajar pada Materi Operasi Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Anisah
dc.date.accessioned 2018-02-19T08:36:08Z
dc.date.available 2018-02-19T08:36:08Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3120
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika pada materi operasi aljabar melalui metode pembelajaran TSTS lebih baik daripada metode Make A Match, untuk mengetahui apakah kreativitas belajar matematika pada materi operasi aljabar melalui metode pembelajaran TSTS lebih baik daripada metode Make A Match, dan untuk mengetahui adakah perbedaan efek antara metode pembelajaran TSTS dan metode Make A Match terhadap hasil dan kreativitas belajar siswa, dan jika ada perbedaannnya terletak pada hasil belajar atau kreativitas belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari delapan kelas dengan jumlah siswa sebanyak 256 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 64 siswa yang terdiri dari 32 siswa pada kelas eksperimen I dan 32 siswa pada kelas eksperimen II. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji hipotesis pertama menggunakan nilai uji t (tobs) sebesar 1,21 dengan nilai tabel t0.05;62 sebesar 1,645; dengan DK = {t|t> 1,645}. Sehingga H0 diterima ini berarti hasil belajar matematika pada materi operasi aljabar melalui metode TSTS tidak lebih baik daripada metode Make A Match. Uji hipotesis kedua menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukkan nilai uji t (tobs) sebesar 0,263 dengan nilai tabel t0.05;62 sebesar 1,645; dengan DK = {t|t> 1,645} sehingga H0 diterima ini berarti kreativitas belajar matematika pada materi operasi aljabar melalui metode TSTS tidak lebih baik daripada metode Make A Match. Uji hipotesis ketiga menggunakan uji hipotesis multivariat dengan α = 0,05 menunjukkan nilai F sebesar 6,321 dengan nilai tabel F . ; ; sebesar 3,15; dengan DK = {F|F < −3.15 F > 3.15} sehingga H0 ditolak ini berarti bahwa rerata hasil dan kreativitas belajar matematika materi operasi aljabar melalui metode TSTS tidak sama dengan rerata hasil dan kreativitas belajar matematika melalui metode Make A Match. Selanjutnya berdasarkan kesimpulan hipotesis ketiga maka dilanjutkan dengan uji univariat terpisah pada variabel terikat hasil belajar diperoleh t (tobs) sebesar 1,21; ={t|t < −1.960 t > 1.960} sehingga H0 diterima ini berarti bahwa hasil belajar matematika materi operasi aljabar melalui metode TSTS sama dengan hasil belajar matematika melalui metode Make A Match. Pada variabel terikat kreativitas belajar diperoleh t (tobs) sebesar 0,26; ={t|t < −1.960 t > 1.960} H0 diterima ini berarti bahwa kreativitas belajarmatematika materi operasi aljabar melalui metode TSTS sama dengan kreativitas belajar matematika melalui metode Make A Match. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Metode pembelajaran, Two Stay Two Stray (TSTS), Make A Match, hasil belajar, kreativitas belajar, dan operasi aljabar en_US
dc.title Eksperimentasi Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Make A Match terhadap Hasil dan Kreativitas Belajar pada Materi Operasi Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account