Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ksperimentasi Model Pembelajaran TS-TS (Two Stay Two Stray) dan GI (Group Investigation) untuk Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pecahan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SD Gugus Ahmad Yani Kecamatan Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Purwati, Ari
dc.date.accessioned 2018-02-19T08:38:30Z
dc.date.available 2018-02-19T08:38:30Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3122
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan siswa kelas V SD Gugus Ahmad Yani Kecamatan Purworejo dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Ahmad Yani Kecamatan Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 8 SD. Sampel penelitian sebanyak 2 SD yang berjumlah 66 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Tes sebelum diberikan ke kelas eksperimen terlebih dahulu diujicobakan pada SD lain. Kemudian dilakukan uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dengan angka kasar dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh data, bahwa kelas eksperimen I nilai rata-ratanya sebesar 81,00 sedangkan kelas eksperimen II nilai rata-ratanya sebesar 72,67. Kemudian digunakan metode Liliefors untuk uji normalitas, metode Bartlett dengan Chi kuadrat untuk uji homogenitas, dan uji t untuk uji keseimbangan serta uji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 2,3856, dengan taraf signifikansi (𝛼) = 5% diperoleh 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,645. Ini artinya 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yang berarti 𝐻0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan siswa kelas V SD Gugus Ahmad Yani Kecamatan Purworejo dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran Group Investigation. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject kemampuan pemecahan masalah, soal cerita, Two Stay Two Stray dan Group Investigation en_US
dc.title ksperimentasi Model Pembelajaran TS-TS (Two Stay Two Stray) dan GI (Group Investigation) untuk Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pecahan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SD Gugus Ahmad Yani Kecamatan Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account