Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Segi Empat Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Septiarini, Ayu
dc.date.accessioned 2018-02-19T08:41:11Z
dc.date.available 2018-02-19T08:41:11Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3124
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi segi empat siswa kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo dengan menggunakan model pembelajaran CIRC lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran Problem Posing. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih 8 bulan dari bulan November 2012 hingga Juni 2013. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 15 Purworejo. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 160 siswa. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang berjumlah 64 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Tes sebelum diberikan ke kelas eksperimen terlebih dahulu diujicobakan pada kelas lain. Setelah dilakukan uji tes intrumen, kemudian dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Tes yang telah tersusun kemudian digunakan sebagai tes evaluasi akhir pembelajaran untuk kelas eksperimen. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh data, bahwa kelas eksperimen I nilai rata-ratanya sebesar 61,88 sedangkan kelas eksperimen II nilai rata-ratanya sebesar 56,53. Kemudian uji normalitas data akhir kelas eksperimen I menunjukkan = 0,1107, dengan taraf signifikansi ( ) = 5% diperoleh = 0,1566. Sehingga < , maka data berdistribusi normal. Selanjutnya uji normalitas data akhir kelas eksperimen II menunjukkan = 0,1488, dengan taraf signifikansi ( ) = 5% diperoleh = 0,1566. Sehingga < , maka data berdistribusi normal. Uji homogenitas data akhir juga menunjukkan = 2,5575 sedangkan = 3,841. Sehingga < , maka data akhir juga homogen. Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan = 1,6584, dengan taraf signifikansi ( ) = 5% diperoleh = 1,645. Ini artinya > yang berarti ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi segi empat siswa kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo dengan menggunakan model pembelajaran CIRC lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran problem posing. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject soal cerita, CIRC dan Problem Posing en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Segi Empat Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account