Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah penelitian ini untuk mengetahui peningkatan
aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar siswa dengan penerapan pendekatan
PMR pada siswa kelas VII MTs N Purworejo. Penelitian dilaksanakan pada bulan
Mei di MTs N Purworejo, tahun pelajaran 2013/2014.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII G semester II tahun ajaran 2013/2014
yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi untuk data aktivitas belajar siswa dan
tes untuk data prestasi belajar siswa. Setelah data terkumpul, data dianalisis
dengan cara deskriptif untuk aktivitas belajar dan rumus persentase untuk prestasi
siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa kelas VII G MTs
N Purworejo mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah
dilaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan PMR. Meningkatnya
aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu siswa lebih memperhatikan
penjelasan peneliti, siswa sudah banyak aktif bertanya apabila ada yang belum
jelas, siswa terlihat sudah ikut andil berdiskusi dalam kelompoknya, siswa aktif
maju didepan kelas menuliskan jawaban di papan tulis, hal ini terlihat dari siswa
yang antusias berebut maju, masing-masing siswa sudah terlihat aktif mencatat
apa yang perlu mereka catat (mencatat materi), sebagian besar siswa sudah
mampu memecahkan permasalahan atau menjawab soal-soal yang diberikan
peneliti, siswa sudah bisa menjaga ketenangan kelas dan terlihat memperhatikan
peneliti serta teman yang sedang menjelaskan, siswa tidak ramai
sendiri.Penerapan PMR juga meningkatkan prestasi belajar siswa, adapun
ketuntasan prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase sebesar
40,63% dan pada siklus II diperoleh persentase 71,87%. Hal ini menunjukkan
bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat.