Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan PMR pada Siswa Kelas VII MTs N Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Rokhmah, Siti
dc.date.accessioned 2018-02-19T08:44:04Z
dc.date.available 2018-02-19T08:44:04Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3128
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar siswa dengan penerapan pendekatan PMR pada siswa kelas VII MTs N Purworejo. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei di MTs N Purworejo, tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII G semester II tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi untuk data aktivitas belajar siswa dan tes untuk data prestasi belajar siswa. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan cara deskriptif untuk aktivitas belajar dan rumus persentase untuk prestasi siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa kelas VII G MTs N Purworejo mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan PMR. Meningkatnya aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu siswa lebih memperhatikan penjelasan peneliti, siswa sudah banyak aktif bertanya apabila ada yang belum jelas, siswa terlihat sudah ikut andil berdiskusi dalam kelompoknya, siswa aktif maju didepan kelas menuliskan jawaban di papan tulis, hal ini terlihat dari siswa yang antusias berebut maju, masing-masing siswa sudah terlihat aktif mencatat apa yang perlu mereka catat (mencatat materi), sebagian besar siswa sudah mampu memecahkan permasalahan atau menjawab soal-soal yang diberikan peneliti, siswa sudah bisa menjaga ketenangan kelas dan terlihat memperhatikan peneliti serta teman yang sedang menjelaskan, siswa tidak ramai sendiri.Penerapan PMR juga meningkatkan prestasi belajar siswa, adapun ketuntasan prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase sebesar 40,63% dan pada siklus II diperoleh persentase 71,87%. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Aktivitas belajar, Prestasi belajar, PMR. en_US
dc.title Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan PMR pada Siswa Kelas VII MTs N Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account