Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat: (1) meningkatkan motivasi belajar
matematika pada materi bangun datar; (2) meningkatkan hasil belajar matematika
pada materi bangun datar.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian
dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas IV B SD Negeri
Clapar sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD
Negeri Clapar tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tiga
pertemuan. Data penelitian diperoleh dari instrumen penelitian yaitu observasi dan
tes hasil belajar. Validitas instrumen tes dilakukan dengan menggunakan validitas isi
(content validity). Teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil analisis
data disajikan dalam bentuk tabel persentase dan grafik untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan motivasi
dan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri Clapar melalui metode Talking Stick
dinyatakan berhasil. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata persentase hasil observasi
pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 82,45% dan mengalami peningkatan
pada siklus II menjadi 91,22% dengan kriteria sangat baik. Untuk rata-rata persentase
hasil observasi motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 63,62% dan mengalami
peningkatan pada siklus II menjadi 95,24% dengan kriteria sangat baik. Nilai ratarata
tes hasil belajar pada siklus I adalah 76,43 namun pada aspek penilaian
penalaran siswa yang tuntas baru mencapai 42,86% dari jumlah siswa. Nilai rata-rata
tes hasil belajar siswa pada siklusnII adalah 73,73 sedangkan semua aspek penilaian
telah berhasil ditingkatkan diatas 75%. Berdasarkan Kriteria Kelulusan Minimal
(KKM) mencapai 64,00 serta semua aspek telah berhasil ditingkatkan, maka hasil
belajar pada siklus II berhasil ditingkatkan.