Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Motivasi Siswa dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV B SD Negeri Clapar melalui Metode Talking Stick Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Ramadhani, Candra
dc.date.accessioned 2018-02-19T08:45:53Z
dc.date.available 2018-02-19T08:45:53Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3129
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat: (1) meningkatkan motivasi belajar matematika pada materi bangun datar; (2) meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun datar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas IV B SD Negeri Clapar sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri Clapar tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Data penelitian diperoleh dari instrumen penelitian yaitu observasi dan tes hasil belajar. Validitas instrumen tes dilakukan dengan menggunakan validitas isi (content validity). Teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk tabel persentase dan grafik untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri Clapar melalui metode Talking Stick dinyatakan berhasil. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata persentase hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 82,45% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91,22% dengan kriteria sangat baik. Untuk rata-rata persentase hasil observasi motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 63,62% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 95,24% dengan kriteria sangat baik. Nilai ratarata tes hasil belajar pada siklus I adalah 76,43 namun pada aspek penilaian penalaran siswa yang tuntas baru mencapai 42,86% dari jumlah siswa. Nilai rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklusnII adalah 73,73 sedangkan semua aspek penilaian telah berhasil ditingkatkan diatas 75%. Berdasarkan Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) mencapai 64,00 serta semua aspek telah berhasil ditingkatkan, maka hasil belajar pada siklus II berhasil ditingkatkan. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject motivasi belajar, hasil belajar, matematika, metode Talking Stick en_US
dc.title Peningkatan Motivasi Siswa dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV B SD Negeri Clapar melalui Metode Talking Stick Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account