Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui adakah hubungan antara konsep
diri terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 39 Purworejo
tahun pelajaran 2012/2013; 2) Mengetahui adakah hubungan antara disiplin belajar
terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 39 Purworejo
tahun pelajaran 2012/2013.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 39 Purworejo yang berjumlah 79 siswa.
Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data
dengan metode angket dan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk
memperoleh data tentang konsep diri dan disiplin belajar siswa diperoleh dengan
menggunakan angket sedangkan data tentang hasil belajar matematika diperoleh dari
nilai murni UAS semester 2 tahun pelajaran 2012/2013. Statistik uji yang digunakan
untuk menguji hipotesis adalah korelasi Kendal Tau (𝜏) dan uji signifikansinya
menggunakan uji z.
Dari hasil pengolahan data diperoleh: 1) Hubungan antara konsep diri terhadap
hasil belajar Matematika koefisien korelasinya sebesar 0,262 yang berarti ada hubungan
yang positif antara konsep diri terhadap hasil belajar Matematika. Untuk uji
signifikansi diperoleh zhitung = 3,99 dan ztabel = 1,53 sehingga zhitung > ztabel. Ini berarti
terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri terhadap hasil belajar Matematika
siswa kelas VIII SMP Negeri 39 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013; 2) Hubungan
antara disiplin belajar terhadap hasil belajar Matematika koefisien korelasi sebesar
0,346 yang berarti ada hubungan yang positif antara disiplin belajar terhadap
hasil belajar Matematika. Untuk uji signifikansi diperoleh zhitung = 4,359 dan ztabel =
1,53 sehingga zhitung > ztabel. Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin
belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 39 Purworejo
tahun pelajaran 2012/2013