Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Hubungan Antara Konsep Diri dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 39 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013.

Show simple item record

dc.contributor.author Nugroho, Budi
dc.date.accessioned 2018-02-19T08:59:15Z
dc.date.available 2018-02-19T08:59:15Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3137
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui adakah hubungan antara konsep diri terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 39 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013; 2) Mengetahui adakah hubungan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 39 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 39 Purworejo yang berjumlah 79 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data tentang konsep diri dan disiplin belajar siswa diperoleh dengan menggunakan angket sedangkan data tentang hasil belajar matematika diperoleh dari nilai murni UAS semester 2 tahun pelajaran 2012/2013. Statistik uji yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah korelasi Kendal Tau (𝜏) dan uji signifikansinya menggunakan uji z. Dari hasil pengolahan data diperoleh: 1) Hubungan antara konsep diri terhadap hasil belajar Matematika koefisien korelasinya sebesar 0,262 yang berarti ada hubungan yang positif antara konsep diri terhadap hasil belajar Matematika. Untuk uji signifikansi diperoleh zhitung = 3,99 dan ztabel = 1,53 sehingga zhitung > ztabel. Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 39 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013; 2) Hubungan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar Matematika koefisien korelasi sebesar 0,346 yang berarti ada hubungan yang positif antara disiplin belajar terhadap hasil belajar Matematika. Untuk uji signifikansi diperoleh zhitung = 4,359 dan ztabel = 1,53 sehingga zhitung > ztabel. Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 39 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Hubungan, Konsep diri, Disiplin Belajar, Hasil Belajar Matematika en_US
dc.title Hubungan Antara Konsep Diri dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 39 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account