Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dan
hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) materi
segiempat siswa kelas VII SMP NEGERI 16 Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.
Masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan dengan alokasi waktu satu kali
pertemuan 2 × 40 menit. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII B SMP N 16
Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 siswa.
Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, angket dan tes.
Instrumen yang digunakan berupa lembar angket, lembar observasi, lembar tes,
catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
deskripsi persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil belajar siswa sebelum
penelitian 61,31 dengan ketuntasan belajar klasikal 46,87%. Pada siklus I rerata
hasil belajar siswa sebesar 61,53 dengan ketuntasan belajar klasikal 28,12%. Pada
siklus II rerata hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 79,84 dengan
ketuntasan belajar klasikal 84,37%. Selain itu ada peningkatan minat belajar siswa
berdasarkan hasil analisis lembar observasi rerata dari siklus I 64,99% menjadi
83,33% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis angket minat belajar siswa dari
siklus I 65,41% menjadi 74,42% pada siklus II.