Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran CTL Dengan Model Pembelajaran Problem Posing Pada Materi Persegi Dan Persegi Panjang Di Kelas VII Semester II SMP Negeri 25 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Desinta
dc.date.accessioned 2018-02-19T09:03:57Z
dc.date.available 2018-02-19T09:03:57Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3141
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 pada materi persegi dan persegi panjang dengan model pembelajaran CTL lebih baik daripada dengan model pembelajaran Problem Posing. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 64 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen 1 dan 32 siswa kelas eksperimen 2. Pengambilan data menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Sebelum diujikan, tes hasil belajar diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji rataan t pihak kanan. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett pada taraf signifikansi 0,05. Data setelah perlakuan, diperoleh rataan nilai kelas eksperimen 1 74,6 dan nilai rataan kelas eksperimen 2 adalah 70,3. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh 1,9776, sedangkan ttabel =1,669804 sehingga thitung> . Oleh karena itu, sehingga ditolak. Hal ini mengakibatkan diterima. Jadi, hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran CTL lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada materi persegi dan persegi panjang siswa kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject CTL, Problem posing, hasil belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran CTL Dengan Model Pembelajaran Problem Posing Pada Materi Persegi Dan Persegi Panjang Di Kelas VII Semester II SMP Negeri 25 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account