dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa
kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 pada materi kubus
dan balok dengan PMRI lebih baik daripada dengan model pembelajaran Kooperatif
tipe Jigsaw.
Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo
tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple
random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 30
siswa kelas eksperimen 1 dan 30 siswa kelas eksperimen 2. Pengambilan data
menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Sebelum diujikan, tes
hasil belajar diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Pengujian hipotesis menggunakan uji rataan t pihak kanan. Uji prasyarat
menggunakan uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas
menggunakan metode Bartlett pada taraf signifikansi 0,05.
Data setelah perlakuan, diperoleh rataan nilai kelas eksperimen 1 adalah
67,667 dan nilai rataan kelas eksperimen 2 adalah 62. Uji hipotesis menggunakan uji
t diperoleh 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 =3,340, sedangkan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,672 sehingga thitung>𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙. Oleh
karena itu,𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 β DK sehingga 𝐻𝑜 ditolak. Hal ini mengakibatkan 𝐻1diterima.
Jadi, hasil belajar matematika menggunakan PMRI lebih baik dibandingkan dengan
hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw
pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo tahun
pelajaran2012/2013. |
en_US |