Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model
pembelajaran Index Card Match dengan bantuan kartu Index Card Match dan alat
peraga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII
DMTs Ma’arif NU Kemiri Purworejopada materi pokok bangun datar segiempat.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa
kelas VII D MTs Ma’arif NU Kemiri Purworejo. Objek dari penelitian ini adalah
motivasi dan hasil belajar pada pelajaran matematika.Istrumen pengumpulan data
menggunakan lembar angket motivasi dan menggunakan tes.Untuk memperoleh
data tentang hasil belajar matematika tersebut diambil dari tes evaluasi pada akhir
pertemuan tiap siklus. Analisis data menggunakan rerata dan presentase.
Hasil evaluasi siklus I siswa yang mendapat nilai 70 ada 28 siswa dengan
rerata 75,92 dengan ketuntasan klasikal mencapai 73,68% , pada evaluasi siklus II
yang mendapat nilai 70 ada 33 siswa dengan rerata mencapai 80,52 dengan
ketuntasan klasikal 86,84%. Hasil yang dicapai pada akhir siklus I ke siklus II
menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu, untuk peningkatan
presentase motivasi belajar siswa pada siklus I mencapai 71,3% dengan kriteria
”sedang” dan pada siklus II mencapai 82,2% dengan kriteria ”tinggi”. Hal ini
menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar matematika
siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Index Card Match.