Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) motivasi belajar matematika
pada siswa kelas VII B SMP Negeri 23 Purworejo melalui model pembelajaran
reciprocal teaching dan (2) hasilbelajarmatematikapadasiswakelas VII B SMP Negeri 23
purworejomelalui model pembelajaranreciprocal teaching.
Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 23 Purworejo. Objek
dalam penelitian ini adalah proses pada penerapan model pembelajaran Reciprocal
Teaching.Teknikpengumpulan data menggunakanmetodeangketsertametodetes,
sedangkaninstrumenpenelitianmenggunakanlembarangketmotivasidanlembarsoaltes yang
telahdiujidantelahmemenuhisyaratvaliditas.Teknik analisis data menggunakan teknik
persentase.Hasilanalisis data disajikandalambentuktabelpersentasedan diagram
untukmengetahuipeningkatanmotivasidanhasilbelajarmatematika.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar matematika di
kelas VII B SMP Negeri 23 Purworejo meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Persentase
rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus 1 sebesar 69,41% meningkat menjadi 75,39%
pada siklus 2. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 63,75
meningkat menjadi 70,16 pada siklus 2denganpersentasejumlahsiswa yang
mencapaikriteriaketuntasan minimum yaitu 59,37% padasiklus I dan 81,25% padasiklus
2. Hasil tersebut telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu 75% untuk rata-rata
motivasi belajar siswa dan 70 untuk kriteria ketuntasan minimal. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan
motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII B SMP Negeri 23 Purworejo tahun
pelajaran 2012/2013.