Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika padaMateriSegitigaMelalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 23 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Kurniawan, Hery
dc.date.accessioned 2018-02-19T09:13:05Z
dc.date.available 2018-02-19T09:13:05Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3148
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) motivasi belajar matematika pada siswa kelas VII B SMP Negeri 23 Purworejo melalui model pembelajaran reciprocal teaching dan (2) hasilbelajarmatematikapadasiswakelas VII B SMP Negeri 23 purworejomelalui model pembelajaranreciprocal teaching. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 23 Purworejo. Objek dalam penelitian ini adalah proses pada penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching.Teknikpengumpulan data menggunakanmetodeangketsertametodetes, sedangkaninstrumenpenelitianmenggunakanlembarangketmotivasidanlembarsoaltes yang telahdiujidantelahmemenuhisyaratvaliditas.Teknik analisis data menggunakan teknik persentase.Hasilanalisis data disajikandalambentuktabelpersentasedan diagram untukmengetahuipeningkatanmotivasidanhasilbelajarmatematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar matematika di kelas VII B SMP Negeri 23 Purworejo meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Persentase rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus 1 sebesar 69,41% meningkat menjadi 75,39% pada siklus 2. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 63,75 meningkat menjadi 70,16 pada siklus 2denganpersentasejumlahsiswa yang mencapaikriteriaketuntasan minimum yaitu 59,37% padasiklus I dan 81,25% padasiklus 2. Hasil tersebut telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu 75% untuk rata-rata motivasi belajar siswa dan 70 untuk kriteria ketuntasan minimal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII B SMP Negeri 23 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject motivasi, hasil belajar matematika, reciprocal teaching en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika padaMateriSegitigaMelalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 23 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account