Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan
hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran tematik. Metode pembelajaran
tematik ini diterapkan pada siswa kelas II SD Negeri Blengorwetan tahun
pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Penelitian diadakan selama 2 siklus yang masing-masing siklus
terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan
data menggunakan metode observasi dan evaluasi akhir siklus.
Dari hasil analisis data diperoleh bahwa motivasi belajar siswa pada siklus
I sebesar 62,38% meningkat pada siklus II menjadi 71,07%. Sedangkan untuk
hasil belajar siswa dari rerata siklus I 65,00 meningkat menjadi 74,58. Begitu pula
dengan ketuntasan belajar pada data awal sebesar 58,33% menjadi 62,50% pada
siklus I dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 75%. Uji t
memberikan thitung kurang dari ttabel, yaitu thitung = -2,107 < ttabel = -2,013 dengan
taraf signifikansi 5%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran
tematik dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri
Blengorwetan tahun pelajaran 2013/2014.