Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Upaya Meningkatkan Motivasi Siswa dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas II SD Negeri Blengorwetan Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Dwi Retno
dc.date.accessioned 2018-02-19T09:13:36Z
dc.date.available 2018-02-19T09:13:36Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3149
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran tematik. Metode pembelajaran tematik ini diterapkan pada siswa kelas II SD Negeri Blengorwetan tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian diadakan selama 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan evaluasi akhir siklus. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 62,38% meningkat pada siklus II menjadi 71,07%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa dari rerata siklus I 65,00 meningkat menjadi 74,58. Begitu pula dengan ketuntasan belajar pada data awal sebesar 58,33% menjadi 62,50% pada siklus I dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 75%. Uji t memberikan thitung kurang dari ttabel, yaitu thitung = -2,107 < ttabel = -2,013 dengan taraf signifikansi 5%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran tematik dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Blengorwetan tahun pelajaran 2013/2014. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Tematik, Motivasi, Hasil Belajar en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Motivasi Siswa dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas II SD Negeri Blengorwetan Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account