Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Make A Match dan Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII MTs Negeri Bener Tahun 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Aditya, Irvant Putra
dc.date.accessioned 2018-02-19T09:15:52Z
dc.date.available 2018-02-19T09:15:52Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3150
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Make a Match lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada materi operasi bentuk aljabar di MTs Negeri Bener. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Bener tahun pelajaran 2013/ 2014 yang terdiri dari 8 kelas yaitu kelas VIIIA-VIIIH. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 responden yang terdiri dari 2 kelompok yaitu kelas VIIIH digunakan sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIIIG sebagai kelas eksperimen 2. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yang berupa data nilai Ujian Akhir Semester 2 tahun pelajaran 2012/2013 dan tes hasil belajar matematika yang sebelumnya telah memenuhi syarat validitas. Validitas tes hasil belajar diuji dengan uji validitas isi yang telah dilakuan dan di pertimbangkan dengan validasi oleh para ahli (validator). Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji Lilliefors, uji homogenitas menggunakan metode Bartlett dengan satistik uji Chi Kuadarat dan uji keseimbangan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05. Dari pengolahan uji data sebelum perlakuan diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal, variansi yang sama, dan memiliki kemampuan yang sama. Hasil analisis dari data setelah perlakuan diperoleh uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan dengan 􀟙= 0,05 menunjukkan bahwa thitung = 2,354 > ttabel = 1,645 sehingga mengakibatkan 􀜪􀬴ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran Make a Match dengan pembelajaran Snowball Throwing. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran Make a Match lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran Snowball Throwing pada materi operasi bentuk aljabar. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject hasil belajar, Make a Match, Snowball Throwing. en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Make A Match dan Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII MTs Negeri Bener Tahun 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account