dc.contributor.author |
Priyanto, Eka |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-19T09:16:55Z |
|
dc.date.available |
2018-02-19T09:16:55Z |
|
dc.date.issued |
2013 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3152 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar
menggunakan media gambar GeoGebra pada siswa kelas VIIIB semester 2 SMP
Negeri 1 Kemranjen tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti
dengan guru mata pelajaran Matematika kelas VIIIB SMP Negeri 1 Kemranjen.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Kemranjen
yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan
masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Data penelitian diperoleh dari
instrumen penelitian yaitu observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data
menggunakan teknik persentase. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk tabel
persentase dan grafik untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran
matematika dengan menggunakan media gambar GeoGebra dapat meningkatkan
motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP N 1 Kemranjen. Hal ini
ditunjukkan dengan rata-rata persentase hasil observasi pada Siklus I sebesar
50,80% dan mengalami peningkatan pada Siklus II menjadi 80,28% dengan
kriteria tinggi. Nilai rata-rata tes hasil belajar pada siklus I adalah 69,97 dan
mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83,58. Berdasarkan Kriteria
Kelulusan Minimal (KKM) mencapai 75, maka pembelajaran pada siklus II sudah
berhasil. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika - FKIP |
en_US |
dc.subject |
motivasi belajar, hasil belajar, matematika, aplikasi GeoGebra |
en_US |
dc.title |
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Menggunakan Media Gambar GeoGebra pada Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 1 Kemranjen Tahun Ajaran 2012/2013 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |